BERITA

03 Dec

Pembagian Alkitab Mentawai di Pulau Sikakap

Peluncuran Alkitab dalam Bahasa Mentawai

Setelah kegiatan peluncuran Alkitab dan Kabar Baik Bergambar berbahasa Mentawai di GKPM Pniel, Tua Pejat, Pulau Sipora, keesokan harinya pukul 07.30 WIB tim dari Medan (Ibu Ratna Harefa, Ibu Ida Nora, Bapak Marthin Sinaga dan Santi Sianipar) beserta rombongan dari Kantor Pusat GKPM berangkat menuju Pulau Sikakap menggunakan boat. Perjalanan yang memakan waktu 6 jam melalui lautan bebas merupakan pengalaman pertama untuk kami. Boat yang memuat sekitar 11 orang tersebut terus melaju melawan terjangan ombak. Meskipun menurut tim dari GKPM ombak kali ini masih belum seberapa, namun jantung kami sudah cukup berdebar kencang terlebih ketika memasuki selat antara pulau Sipora dan Sikakap. Terjangan ombak yang mengenai dinding boat lebih terasa dibandingkan sebelumnya. Sempat ada sedikit kekhawatiran terutama ketika melihat samudera yang luas lalu membandingkannya dengan boat yang kami tumpangi. Namun, perasaan lega perlahan-lahan hadir ketika kami samar-samar melihat pulau Sikakap yang masih tertutup dengan kabut/awan.Sekitar pukul 13.30 WIB kami tiba di pulau Sikakap (kantor Pusat GKPM). Acara pembagian Alkitab di wilayah ini dilaksanakan pukul 14.00 WIB. Setelah beristirahat sebentar, kami menuju gereja GKPM Nemnemleleu yang tidak jauh dari tempat kami beristirahat. Jemaat dari gereja-gereja terdekat sudah berkumpul untuk menerima Alkitab berbahasa Mentawai, KBB Mentawai dan Komik Anak. Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada perwakilan gereja-gereja yang hadir lalu dilanjutkan dengan pembagian Alkitab secara keseluruhan di kantor literature GKPM. Acara pembagian Alkitab hari itu berlangsung hingga sore hari. Malamnya, sebagian tim beristirahat di rumah Sekjend GKPM dan sebagiannya lagi di Gueshouse GKPM.

Keesokan harinya, pukul 08.00 WIB kami melanjutkan perjalanan sesuai dengan jadwal yang ada. Kali ini tim yang berangkat dibagi 2, tim 1 (Ibu Ratna didampingi oleh Pdt. Aresky Syam dan Bapak Jefri dan Vikar Risma dari GKPM) menuju wilayah Pagai Utara dan tim 2 (Ibu Ida, Bapak Sinaga dan Sdri. Santi didampingi oleh Pdt. Immer Sakrebau dari GKPM) menuju wilayah Pagai Selatan.

sikakapPerjalanan tim 1 ke beberapa lokasi harus ditempuh dengan sepeda motor dan boat. Untuk wilayah Sabeu Guggung, pembagian Alkitab dihadiri oleh jemaat, majelis dan Bpk. Pdt. Sakrebau (Pendeta Resort). Sebagai orang yang terlibat langsung dalam proses penerjemahan, Bpk. Pdt. Sakrebau menyampaikan bahwa hadirnya Alkitab berbahasa Mentawai adalah berkat Tuhan yang luar biasa bagi umat karena “perjuangan” yang dilakukan untuk proses penyelesaian Alkitab tersebut sangatlah panjang, baik proses penerjemahannya maupun proses penggalangan dukungan. Beliau menghimbau seluruh jemaat dan juga para majelis agar memanfaatkan Alkitab yang dibagikan dengan rajin membaca Alkitab di rumah. Dari Sabeu Guggung, keesokkannya perjalanan dilanjutkan ke Saumanganyak. Perjalanan ditempuh sekitar 1 jam menggunakan boat. Pembagian Alkitab di wilayah ini pun berjalan dengan baik meskipun ada beberapa majelis yang mengeluhkan jumlah/jatah Alkitab yang dibagikan tidak mencukupi untuk jumlah kepala keluarga yang ada.

Untuk tim 2, rombongan harus menggunakan perahu kecil ketika menyeberang dari Nemnemleleu. Perjalanan selanjutnya ditempuh dengan mobil Pick up dan diteruskan dengan sepeda motor. Proses bongkar muat Alkitab dari perahu lalu pindahkan ke mobil pick up membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Akibatnya pembagian Alkitab yang seharusnya pukul 14.00 WIB diundur hingga pukul 20.00 WIB. Namun demikian, antusias dari jemaat begitu besar sehingga pembagian Alkitab pada hari itu dapat berjalan dengan baik. Pembagian Alkitab pada hari terakhir seharusnya di Bunga Rayo, tetapi karena jembatan menuju daerah tersebut putus maka pembagian terpaksa dialihkan di Bulasat. Pembagian Alkitab selesai pukul 11.00 WIB, setelah itu tim kembali ke Sikakap dengan menggunakan mobil pick up yang di isi dengan pisang, talas dan hasil kebun lainnya pemberian dari jemaat. Benar-benar hari yang berkesan… [sms]