BERITA

28 Nov

Satu Dalam Kasih di Tanah Sumba

Perjumpaan dengan Saudara-Saudara Seiman di Kabupaten Sumba Barat Daya

SDK SUMBA-459Pada tanggal 9-20 Oktober 2015 lalu, tim Lembaga Alkitab Indonesia bersama para mitranya kembali melakukan pendistribusikan Alkitab kepada saudara-saudara seiman di pelosok tanah air lewat Program Satu Dalam Kasih (SDK). Kali ini, daerah yang menjadi tujuan pendistribusian adalah Kabupaten Sumba Barat Daya dan Kabupaten Sabu Raijua di Nusa Tenggara Timur.

Di Kabupaten Sumba Barat Daya, Tim LAI menyerahkan sebanyak 15.000 Alkitab+Kidung Jemaat, 8.000 Alkitab Anak, 3.000 Komik Anak dan 47 Alkitab Edisi Studi. Penyerahan pertama Alkitab dilakukan di GKS Weekombaka (Pusat), Wewewa Barat, ditempat ini Tim LAI disambut dengan hangat oleh Bpk. Pdt. David Umbu Napu dan beberapa jemaat yang hadir. Acara diawali oleh doa dan penjelasan singkat maksud kedatangan tim LAI selama 4 hari di Sumba Barat Daya oleh Ibu Erna Yulianawati, Kepala Departemen Komunikasi dan Pengembangan Kemitraan LAI. Setelah itu, dilakukan penyerahan Alkitab secara simbolis ke beberapa perwakilan jemaat. Selanjutnya, Tim LAI menuju titik kedua tepatnya di GKS Mondo Mia, Wewewa Timur. Alkitab yang dibagikan menjadi kado yang istimewa karena pada hari itu bertepatan dengan penyelenggaraan acara HUT ke-15 GKS Mondo Mia. Bupati Sumba Barat Daya, Bpk. Markus Dairo Talu yang hadir menyampaikan terimakasih kepada LAI dan pihak-pihak yang dengan tulus hati berkontribusi dalam pembagian Alkitab di wilayah Sumba Barat Daya.

SDK SUMBA-459-2Pada hari berikutnya, tepat di hari Minggu yang berbahagia tim LAI menyampaikan Alkitab untuk umat Tuhan di wilayah Kodi. Acara yang semula dijadwalkan berlangsung pukul 11.00 WIT dan pukul 14.00 WIT harus bergeser di malam hari dikarenakan ada sedikit kendala. Tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat jemaat, terbukti dengan banyaknya jemaat yang sudah menunggu kedatangan Tim LAI di GKS Binya Kaka. Pujian “Hari Ini Kurasa Bahagia” yang dinyanyikan diawal acara seakan mewakili suasana hati para jemaat yang akan menerima Alkitab.

Malam semakin larut. Ditengah gelapnya malam dan minimnya penerangan jalan, Tim LAI meneruskan perjalanan untuk menjumpai umat Tuhan di wilayah Kodi Bangedo. Puji Tuhan, ketika Tim LAI tiba di GKS Wallamdimu masih ada beberapa jemaat yang dengan sabar menunggu. Namun, mobil pick up yang membawa Alkitab untuk wilayah ini belum tiba. Kabar yang Tim LAI terima, mobil tersebut mengalami pecah ban di tengah perjalanan dan semua Alkitab yang dibawa dititipkan di sebuah rumah warga. Tentu saja hal ini membuat kecemasan. Akhirnya, syukur kepada Tuhan! Akhirnya Alkitab tersebut dapat ditemukan dan dibawa kembali ke GKS Wallandimu untuk segera dibagikan. Dengan berakhirya pembagian Alkitab di GKS ini, berarti selesai pula pendistribusian Alkitab untuk umat Tuhan di Kabupaten Sumba Barat Daya. Kiranya firman Tuhan yang sudah dibagikan dapat terus bekerja memperbaharui iman setiap masyarakat di Sumba Barat Daya. [zvp]